BUMI, BULAN, MATAHARI, BINTANG karya TERE LIYE (Review, Novel, Petualanagn, Fantasy)


    Bumi, Bulan, Matahari, dan Bintang. Pada tahu artinya ‘kan? Yup, buku keluaran Tere Liye ini memang memiliki judul yang unik. Ceritanya best banget lah. Buat yang belum baca, aku saranin buat beli novel ini. Kalo sekarang, masih terbit sampe yang Matahari. Untuk Bintang-nya masih soon.

    Nama tere liye sendiri di kalangan pecinta buku pasti sudah tidak asing lagi. Banyak karyanya yang sudah menjadi best seller. Untuk saat ini yang paling terbaru 'Tentang Kamu'. Aku belum baca sih, tapi baca dari review orang yang udah baca katanya nggak kalah keren sama novel Tere Liye yang lain.

   Mengenai Bumi, Bulan, dan Matahari ... ketiga buku ini menceritakan tentang science fiction, atau funfiction yak? Hehe, aku nggak jago ngelompokin genre sih, so sorry. Yang jelas fantasi. Tapi, untuk isinya, aku jamin kalian—penikmat genre ini pasti akan menikmati petualangan Raib, Ali, dan Selly di Tiga Klan, atau bisa di sebut Dunia Paralel.

    Dalam cerita ini dijelasin kalo dunia itu seperti sebuah lapangan besar yang dikotak-kotakin jadi bebera bagian tanpa saling mengganggu dan terlibat satu sama lain. Ibaratnya, ada lapangan besar. Di lapangan itu dibagi-bagi lagi jadi  lapangan sepak bola, lapangan basket, voli, maupun bulu tangkis yang pemainnya tidak saling berinteraksi. Lapangan-lapangan itulah yang jadi bumi, bulan, matahari, dan bintang.

    Jadi, selain di bumi ... ada pula makhluk dari bulan. Contoh manusia yang merupakan keturunan dari Bulan adalah  Raib. Dia bisa menghilang dan menyerap cahaya. Adapaun kehidupan di bulan identik dengan warna gelap. Di sana juga ada tentara bayangan. Kalo mau baca cerita lengkap tentang klan bulan, kalian harus baca novel BUMI.

    Sementara, kehidupan di klan Matahari sebaliknya. Di dunia ini semuanya serba terang. Mereka bertiga pergi ke klan ini dalam acara berlibur. Berlibur menurut pandangan Ali, dan perjalanan yang cukup menakutkan menurut Raib dan Seli. Sebenarnya, tujuan mereka pergi ke klan Matahari adalah untuk melakukan diplomasi. Sebuah diplomasi untuk kelangsungan kehidupan ketiga klan yang lebih baik lagi. Bersama Ily (seorang dari klan bulan, yang juga lulusan dari akademisi di sana) ikut menemani mereka ke Matahari. Awalnya mereka di sambut baik. Namun, alangkah terkejutnya para rombongan itu karena mereka harus mengikuti perlombaan berburu matahari pertama kali mekar. Bukannya apa-apa, perlombaan ini sangat berbahaya. Bahkan, ada seorang pemuda yang pernah gugur karena mengikuti lomba ini. Dan saat inilah, petualangan mereka yang sebenarnya di klan Matahari di mulai. Hingga pada akhir cerita, rombongan mereka berhasil memenangkan perlombaan itu setelah berburu berhari-hari. Sayangnya, Ily harus tewas dan dimakamkan secara militer di klan Bulan. Suasananya sangat haru, apalagi kalau lihat tingkah Ou kecil yang nanyain kakaknya. Mau tau kisah perjalanannya, ada di novel BULAN.

     Ah ya, selain Raib, sebenarnya Seli adalah manusia keturunan klan Matahari. Dia bisa mengeluarakn petir dari tangan dan memindahkan/menggerakkan benda tanpa menyentuhnya. Sementara Ali,ia dari klan Bumi (kalo dari cerita, di sebutnya makhluk rendahan), karena perkembangan teknologi di klan bumi lebih rendah ari pada klan lainnya. Istimewanya, Ali ini super jenius. ia juga bisa berubah menjadi beruang raksasa.

      Untuk cerita di novel MATAHARI, mengisahkan perjalanan mereka ke klan Bintang. Hal ini di dasari oleh keingintahuan si jenius tentang klan Bintang, yang akhirnya memaksa Raib dan Seli untuk ikut bertualang. Akhirnya, setelah pemaksaan dan usahanya berkali-kali, kedua sahabatnya setuju. Untuk ke klan bintang, mereka menggunakan sebuah kendaraan canggih hasil rakitan Ali yang dinamakan Ily (untuk mengenang sahabat mereka). Dan di klan ini, banyak teknologi yang jauh lebih canggih dari ketiga klan lain. Yang lebih bahaya, penguasa klan bintang ini punya rencana besar yang dapat menghancurkan kehidupan klan lain.

   Mengenai cerita BINTANG, masih soon. Semoga cepat terbit juga J J J


Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA TENTANG PROSES/CARA MEMBUAT ES KRIM SECARA SEDERHANA (PENERAPAN TITIK BEKU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI)

LAPORAN PEMBUATAN BIOTEKNOLOGI SEDERHANA / FERMENTASI (TAPE SINGKONG)

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA tentang KOROSI pada PAKU