JINGGA UNTU MATAHARI (Review, novel keren, my opinion) mbak esti kinasih #teamari #teamridho #jinggamatahari #mataharijingga #mataharisenja



Jingga untuk matahari

                              



I know this’s very late. But, i think its better than nothing. Ya kan? Kali ini aku mau review sebuah buku yang aku beli sekitar 2 bulan lalu. Yup, jingga untuk matahari. Bagi penggemar novel karya mbak Esti pasti udah nggak asing lagi sama Trilogi Jingga dan Senja.

Memang, novel yang satu ini dari awal direncanakan jadi 3 novel. Jingga dan Senja, Jingga dalam Elegi, sama Jingga untuk Matahari. Tapi, seiring berjalannya waktu, sekrang jadi 4 novel.  Atau kita sebut fourlogi aja ya? Wkwkwk. I know, nggak lucu emang.

Balik lagi ke novel JUM. Dari review banyak orang, kebanyakan mereka kecewa karena novel JUM nggak sesuai sama ekspektasi pembaca. Pasalnya, bagi yang udah nunggu buku ini selama 6 tahun, mereka pasti punya harapan kalo di buku ketiga kisah Ari dan Tari bisa berakhir bahagia. Mengingat perjuangan keduanya yang udah besar banget. Banyak kesakitan, kebohongan, air mata,  luka, rindu, dan sedikit kebahagiaan yang baru saja Ari rasain. 
Lalu, di sinopsis buku ketiga digambarin lagi kalo ada sesuatu pada diri Ata yag sepertinya akan melakukan hal buruk. Ia menyuruh agar Tari menjauh!

Sebagai orang yang udah jatuh cita sama novel ini, pasti nggak sabar pengen tahu bagaimana akhir ceritanya. Aku bahkan pernah nyari bocoran novel JUM yang selama ini beredar. Dan di situ, mbak Esti pernah bilang kalo mungkin saja kita akan jatuh cinta pada tokoh Ata. Ada kesalahpahaman besar juga diantara mereka. Dan ini buat penasaran banget! Aku juga pernah baca funfiction JUM. ceritanya ngena banget tau. Aku bahkan sempat berfikir kalo itu cerita mbak Esti. Soalnya dari segi bahasa, bocoran, maupun kata-katanya mbak Esti banget. Taunya bukan.

Saat buku ini terbit(mungkin sekitar bulan Januari), sebenarnya aku ketinggalan info. Tau-tau waktu iseng nyari tau apakah buku JUM udah terbit atau belum, ternyata sudah ada. Ketinggalan info malah. Sebelum beli, aku lihat-lihat dulu di IG. Ternyata ada cover baru! Cuma kaya’ buat sampul depannya sih. Jadi, sampul asli yang menempel pada buku itu pake cover lama. 

Masalah harga, aku cek di gramed sekitar 90an ribu. Kalo di book store online 30an. Tapi ini kw. Dan saran aku, kalo kalan beli buku, mending beli yang ori.  Memang, isinya sama persis. Cuma, dengan kalian beli yang ori, itu berarti kalian lebih menghargai penulisnya. Menghargai gimana sih? Begini ya, nulis satu buku itu butuh perjuangan. Butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran. Jadi, dengan beli yang ori bearti kalian menghargai usaha mereka. Kalo mungkin tabungan masih kurang, mending beli ori yang preloved dari pada kw.

Mengenai isi bukunya, kalo orang lain kecewa—aku juga sih, tapi rasa kagumku sama tulisan mbak esti justru semakin bertambah. Nggak nyangka aja mbak esti ungkap masa lalu Ata di sini. Padahal, kalo orang lain yang nulis, mungkin aja merek langsung ke cerita akhir, kayak rencana awal. Tapi mbak esti beda.

Dengan nyeritain latar belakang Ata waktu menghilang, semua cerita jadi terasa lebih nyata. Lebih hidup. Karena kita jadi tahu kenapa Ata tiba-tiba berubah. Sama seperti kenapa Ari yang dulunya kalem dan pendiam juga berubah 180 derajat jadi orang yang suka berkelahi, bikin rusuh, bahkan jadi panglima perang di sekolahnya. Itu masuk akal bukan?

Jadi, sebagai pembaca, kita juga bisa memandang semua hal pada dua sisi. Walaupun tindakan Ata juga nggak bisa dibenarkan. Kenapa dia ngelakuin itu? Kenapa nyakitin Ari? Ari ku ... huehehehe
Sebenarnya, cerita di novel JUM ini lebih ke nyeritain Ata. Mukin hampir 80%. Sehingga, kalo kalian nyari kelanjutan kisah Ari dan Tari, kalain akan sedikit kecewa. Di sini, juga akan ada 2 sisi yang berkebalikan antara cerita dari Matahari Senja dan Matahari Jingga. Lebih tepatnya, KESALAHPAHAMAN BESAR yang menjadi awal semua sikapnya. 

Ari dan Ata bahkan sempat berkelahi karena kesalahpahaman itu. Ari juga mengalami kesakitan, LAGI, LAGI, dan LAGI UNTUK KESEKIAN KALINYA. Persahabatan Ari, Ridho, dan Oji juga semakin menguat. Dan ata, justru berkomplot dengan Angga. Arghhhhh, bikin gregetan. Makin nggak sabar baca kelanjutan cerita mereka.

JINGGA UTUK SADYAKALA. Cepat terbit ya   J J J


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA TENTANG PROSES/CARA MEMBUAT ES KRIM SECARA SEDERHANA (PENERAPAN TITIK BEKU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI)

LAPORAN PEMBUATAN BIOTEKNOLOGI SEDERHANA / FERMENTASI (TAPE SINGKONG)

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA tentang KOROSI pada PAKU